Dunia sekarang ini sedang dikuasai dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin maju, semua hal bisa dikatakan sudah menggunakan teknologi. Begitupun anak-anak yang sekarang ini lebih senang menonton menggunakan gadgetnya pada salah satu platform yang bernama youtube, sehingga sebagai orang tua harus mengarahkan untuk menonton channel youtube edukatif.

Sehingga tidak mendapatkan dampak negatif dari penggunaan internet itu sendiri, youtube sebagai salah satu platform yang memiliki begitu banyak jenis video yang dapat ditonton. Bukan hanya video anak-anak saja tetapi juga video orang dewasa juga ada pada youtube, sehingga setiap tontonan yang dilakukan harus berada pada pengawasan orang tua.

Walaupun demikian tetapi masih ada begitu banyak channel edukasi anak yang bermanfaat untuk perkembangan anak-anak dan memperluas wawasan anak. Jadi jangan melarang anak menonton youtube selama channel yang disaksikan bermanfaat untuk anak, sebab pastinya sudah sangat familiar pepatah yang mengatakan bahwa ilmu bisa didapatkan dimana saja.

Oleh karenanya bila Anda kesulitan menentukan channel apa saja yang kiranya bermanfaat untuk anak Anda maka Anda bisa menyimak artikel ini hingga selesai sebab akan dijelaskan beberapa rekomendasi channel youtube untuk anak sehingga Anda bisa mengontrol tontonan anak Anda tanpa harus takut salah channel atau kebingungan mencari channel yang kiranya bermanfaat untuk anak.

Beberapa channel yang direkomendasikan tidak hanya menonjolkan edukasi yang ada tetapi juga tetao menghibur. Sebab diketahui bersama bahwa anak suka dengan tontonan yang menghibur dan bukanlah tontonan monoton yang membosankan, salah satu cara memghindarkan anak dari tontonan yang tidak sesuai usia adalah dengan mengaktifkan fitur filter atau mendownload aplikasi youtube kids yang didalamnya hanya muncul channel untuk anak saja.

Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak

Apabila Anda kebingungan memilih channel youtube yang kiranya bermanfaat dan bisa ditonton oleh anak Anda maka berikut ini telah dipilah dan dipilih beberapa channel youtube anak yang direkomendasikan kepada Anda sebagai seorang orang tua.

Nussa Official

Rekomendasi Tontonan Untuk Anak pertama yang bisa Anda saksikan adalah Nussa Official, yang mana pada channel tersebut berisi dengan konten agamais dan edukasi. Edukasi yang digambarkan bertajuk kartun yang menghibur, kartun edukasi ini dibintangi oleh Nussa dan Rara yang mengajarkan banyak pembelajaran.

Untuk karakter Nussa sendiri menggunakan gamis dan peci putih dengan sebuah kekurangan pada dirinya yang menggunakan kaki palsu. Dan untuk karakter Rara sendiri karakter anak kecil yang sudah menggunakan gamis dan juga jilbab sesuai syariat islam untuk seorang anak perempuan.

Baru lewat karakternya saja sudah memberikan pengalaman menarik kepada seorang anak bahwa walaupun memiliki kekurangan pada fisik tetapi masih bisa berprestasi. Lewat channel ini tidak hanya memberikan hiburan semata tetapi juga memberikan dampak lain yakni, pesan moral, pesan positif, pesan keagamaan untuk setiap episode kehidupannya.

Kok Bisa

Untuk selanjutnya adalah Channel Kok Bisa, sebuah channel youtube edukatif yang cocok untuk ditonton anak-anak karena berisikan konten ilmu pengetahuan alam dan juga ilmu pengetahuan sosial yang dikemas dengan video keren dan menarik sehingga sangat begitu menghibur bila ditonton oleh seorang anak.

Tampilan konten yang dibuat dengan semenarik mungkin bisa membuat anak lebih tertarik dan mudah untuk memahami isi konten yang disajikan. Pada channel ini menampilkan konten berupa motion grafis sehingga seorang anak akan lebih mudah penasaran dengan kelanjutan setiap kisah dari konten yang disajikan.

Sebuah misi yang diusung dari channel ini adalah menjawab rasa penasaran orang-orang dengan sebuah penjelasan yang jauh lebih sederhana. Seperti kontennya yakni “kenapa suara bisa habis” maka pertanyaan ini akan dijawab dengan motion grafis sehingga anak akan penasaran dengan jawabannya, sebab anak-anak memiliki rasa penasaran yang tinggi.

National Geographic Kids

Hewan adalah salah satu hal yang bisa membuat anak-anak menjadi sangat penasaran, sehingga tidak masalah jika channel ini memang memiliki banyak peminat dan direkomendasikan untuk anak. Pada channel youtube edukatif ini membahas mengenai alam semesta, flora dan fauna, channel ini sendiri sangat cocok untuk anak usia SD.

Setiap informasi yang disajikan dengan sangat begitu menarik dan penuh warna, bayangkan saja informasi mengenai flora dan fauna disampaikan dengan kemasan berwarna yang mewakili ciri khas dari seorang anak-anak. Namun salah satu kekurangannya adalah channel ini menggunakan bahasa inggris dalam kontennya sehingga harus didampingi oleh orang tua ketika menonton setiap konten yang ada.

Cocomelon

Siapa si anak yang tidak suka menonton kartun? Pasti semua anak menyukai gambar lucu seperti kartun. Untuk channel cocomelon ini sangat cocok untuk anak-anak sejak tahun 2006 silam setelah channel ini pertama kali dibuat.

Pada channel ini memiliki bintang utama seorang anak laki-laki usia belum sekolah yang memberikan edukasi-edukasi baru lewat lagu yang dinyanyikan. Salah satu lagu dari channel ini yang sangat populer adalah ABC song, sehingga seorang anak bisa dengan mudah mengenal dan menghafal huruf, angka, nama hewan, dan juga anggota tubuh.

Untuk rekomendasi channel youtube untuk anak ini memang sangat cocok sebab seorang anak prasekolah selain memiliki rasa penasaran yang tinggi juga memiliki daya ingat dan mampu meniru dengan lebih mudah. Apalagi jika tampilannya yang sangat begitu menarik dengan video 2D dan 3D yang bisa disaksikan secara gratis.

Pinkfong

Untuk channel yang satu ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja tetapi orang dewasapun juga akan tertarik dengan sajian konten dari channel ini. Channel yang mempopulerkan lagu baby shark ini memang cocok untuk seorang anak, sebab setiap lagu atau konten yang disajikan memberikan rangsangan atau stimulus kepada anak untuk menari, bernyanyi, dan juga bergerak.

Tidak hanya itu saja, pada channel ini juga mengajak anak-anak untuk belajar mengenai alam, hewan, transportasi, dan berbagai informasi menarik lainnya yang ada pada channel ini yang tentunya sangat bermanfaat untuk anak. Pinkfong tidak hanya sebatas channel youtube saja tetapi juga memiliki buku edukasi, aplikasi permainan anak yang juga mengusung konsep edukasi seru di dalamnya.

5-Minute Crafts Play

Mengajarkan anak menjadi seorang anak kreatif memang penting untuk dilakukan, maka dari itu melalui channel ini Anda bisa mengajak anak untuk berpikir kreatif. Pada channel ini tidak hanya menyajikan animasi yang unik dan keren tetapi pada channel ini langsung melakukan praktek dalam sebuah kegiatan.

Misalnya melakukan eksperimen atau membuat karya-karya unik di dalamnya sehingga akan menstimulus anak untuk ikut penasaran membuat karya-karya serupa sehingga anak bisa menjadi lebih kreatif.

Demikianlah informasi mengenai 6 rekomendasi channel youtube untuk anak yang bisa membantu Anak menemukan hiburan dan juga pembelajaran baru untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.